Workshop Nasional Implementasi Teaching Industry Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Kompeten dan Unggul

Demi mendukung peningkatan pendidikan vokasi dalam skala nasional, diperlukan kolaborasi antara dunia pendidikan serta dunia industri. Kerjasama antara Program Studi Diploma III Manajemen Perusahaan Universitas Katolik Parahyangan dengan Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) sepakat untuk menyelenggarakan workshop Nasional. Adapun tema yang diangkat adalah Teaching Industry Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Kompeten dan Unggul.

Workshop ini diselenggarakan pada tanggal 4 – 6 Oktober 2019 dan bertempat di Gedung Pasca Sarjana Universitas Katolik Parahyangan. Pada hari pertama (4 oktober 2019) Workshop dibuka dengan sambutan dari Bapak Mangadar Situmorang, PhD (Rektor Unpar) dan Bapak Prof. Dr. Widi Hidayat, SE., M.Si., Ak., CA., CMA. (Ketua Umum FPTVI). Hadir sebagai keynote speaker adalah Direktur Pembelajaran DITJEN BELMAWA KEMENRISTEK DIKTI REPUBLIK INDONESIA  Dr. Paristiyanti Nurwardani MP. Dalam penyampaiannya, beliau mengharapkan peran serta pendidikan tinggi untuk dapat mempersiapkan diri menghadapi tantangan dunia pendidikan khususnya dalam pendidikan vokasi. Beliau juga menyampaikan link and match antara lulusan dari pendidikan tinggi dengan kebutuhan dunia industri pada saat ini, tidak hanya di Indonesia namun dapat bersaing dengan sumber daya manusia secara global.

Selanjutnya paparan best practice disampaikan oleh Bapak Prof. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA (Direktur Program Pendidikan Vokasi UI), dan Bapak Ir. Hotma Prawoto Sulistiyadi, MT., IP-Md, HAKI (Director Project Implementation Unit UGM),. Bapak Ir. Enuh Rosdeni, MEng (Kepala Balai Logam dan Mesin, Kemenperin) melengkapi paparan dari sudut pandung industri.

Diharapkan dengan workshop ini dapat diperoleh pengetahuan yang memadai mengenai cara pengelolaan dan arah pengembangan program pendidikan vokasi di tingkat perguruan tinggi, dalam menjawab tantangan hari ini dan masa yang akan datang.