Deskripsi Mata Kuliah

EDM.101.03 Pengantar Ekonomi

Mata kuliah Pengantar Ekonomi ini diselenggarakan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang teori ekonomi, baik mikro maupun makro serta penerapannya pada tingkat pengantar. Matakuliah ini terdiri dari dua bagian yaitu: bagian mikro dan bagian makro. Sesuai dengan nama program studi Manajemen dan konsentrasi kewirausahaan kreatif atau administrasi perusahaan, maka penjelasan bagian mikro akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan bagian makronya. Di bagian mikro pokok bahasan adalah tentang teori permintaan dan analisa pasar. Dalam pokok bahasan teori permintaan dan penawaran mengantarkan mahasiswa kepada prinsip berpikir pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi, serta diperkenalkan pula alat-alat bantu untuk analisis seperti matematika dan grafik/kurva. Juga memperkenalkan pula bagaimana interaksi permintaan dan penawaran di pasar, serta konsep elastisitas yang menjadi salah satu penentu dampak kebijakan ekonomi dalam bentuk penetapan harga dan pajak. Di bagian makro diperkenalkan mengapa dan bagaimana pemerintah terlibat dalam kegiatan ekonomi.

 

EDM.102.03 Manajemen

Mata kuliah ini membahas manajemen sebagai proses yang ‘interaktif’, yaitu merupakan suatu rangkaian kegiatan yang berkesinambungan. Rangkaian kegiatan tersebut di atas merupakan kegiatan-kegiatan yang sistematis dan logis berupa fungsi-fungsi manajerial yang harus dipenuhi oleh setiap manajer. Kegiatan-kegiatan tersebut perlu dilakukan agar setiap organisasi yang didirikan dapat mewujudkan misinya hal mana yang mendasari eksistensi tiap-tiap organisasi yang selalu berada di tengah-tengah lingkungan yang terus menerus berubah (constant state of change).

 

EDM.103.03 Pengantar Bisnis

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai   aktivitas dan aspek bisnis , yang terdiri 4 pilar utama fungsi operasi  dan fungsi manajemen. Dan dilengkapi oleh  pengetahuan lingkungan bisnis dan pentingnya etika bisnis.  Mata kuliah ini memberikan penekanan pada  ‘kebijakan  lokal’ dengan mengajak mahasiswa  melakukan  observasi situasi yang dihadapi oleh usaha kecil menengah (UKM) di Jabar .

 

EDM.104.03 Statistika dan Matematika Bisnis

Materi Statistika Bisnis, bermaksud memberikan pemahaman mengenai bagaimana memperoleh informasi dari data yang telah diolah dan bagaimana mengolah data untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Dimulai dari mengolah informasi yang disajikan dalam diagram, tabel, poligon, dan daftar distribusi frekuensi. Kemudian melakukan perhitungan ukuran nilai sentral (central of tendency), ukuran nilai letak, ukuran penyebaran, dan angka indeks. Pemahaman terhadap berbagai pengukuran tersebut memberikan informasi mengenai pemusatan data, homogenitas data, dan perubahan data dari waktu ke waktu yang sangat bermanfaat dalam pengetahuan kegiatan bisnis. Materi Matematika Bisnis bermaksud memberikan pemahaman sehubungan dengan konsep nilai waktu dari uang (time value of money) dan aplikasinya. Dimulai dari pemahaman pendekatan nilai sekarang (present value) dan nilai akan datang (future value) dalam konsep bunga sederhana (simple interest) kemudian dilanjutkan dalam konsep bunga majemuk (compound interest). Aplikasinya untuk pembayaran cicilan dimulai dari anuitas biasa, anuitas di muka dan anuitas ditunda, serta anuitas bertumbuh.

 

EDM.105.04 Akuntansi Dasar

Mata kuliah Akuntansi Dasar merupakan mata kuliah tentang pengenalan akuntansi dan prinsip-prinsip pelaporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang, dan industri. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah teori dan praktik yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan persamaan akuntansi, mencatat transaksi-transaksi, posting ke buku besar, menyusun neraca saldo, membuat jurnal penyesuaian dan menyusun laporan keuangan berupa Laporan Neraca dan Rugi Laba.

 

EDM.106.02 Praktikum Aplikasi Komputer

Mata kuliah Praktikum Aplikasi Komputer merupakan mata kuliah pengantar pembelajaran tentang komputer. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengenalan tentang komputer, mengetik sepuluh jari, dan pengetahuan aplikasi dasar Ms Word, Power Point, dan Excel. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat menggunakan komputer dengan baik ketika menyusun tugas-tugas perkuliahan, melaksanakan presentasi, dan membuat berbagai perhitungan sederhana menggunakan rumus-rumus di Excel.

 

 

 

 

EDM.107.02 Bahasa Inggris Bisnis

Mata kuliah ini adalah tentang bahasa Inggris yang dipakai dalam konteks bisnis khususnya perusahaan. Cakupan materinya meliputi situasi dan setting dimana mahasiswa akan berlatih dan meningkatkan bahasa Inggris mereka dan menjadi lebih yakin, lancar dan tepat dalam penggunaannya. Seperti: Language styles in business, telephoning, reporting, meeting, business letters dan sebagainya.

 

EDM.108.02 Praktikum Akuntansi  Dasar

Mata kuliah Praktikum Akuntansi Dasar ini bisa ditempuh sesudah mahasiswa lulus dari mata kuliah Akuntansi Dasar. Di dalam praktikum ini, mahasiswa akan dilatih keterampilannya untuk menyusun laporan keuangan sebuah perusahaan dagang di Bandung. Pekerjaan akuntansi akan meliputi satu siklus akuntansi sebagai berikut : (i) mencatat transaksi-transaksi ke buku jurnal berdasarkan bukti-bukti (bon) orisinil, (ii) posting ke buku besar, (iii) menyusun neraca saldo, (iv) membuat adjusting entries (jurnal penyesuaian), dan (v) menyusun Laporan Neraca dan Laporan Rugi Laba. Siklus akuntansi tersebut akan dilatih secara manual dan menggunakan komputer, sehingga mahasiswa akan terampil menggunakan kedua cara, baik secara manual dan computerized, ketika harus menyusun laporan keuangan di perusahaan (tempat kerjanya) kelak.

 

EDM.109.03 Manajemen Pemasaran I

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa memahami kebutuhan dan keinginan konsumen yang diwujudkan dalam identifikasi segmentasi pasar, penetapan target pasar, dan positioning serta diferensiasi produk yang tepat. Dengan dasar pemahaman tersebut, maka mahasiswa mampu merancang bauran pemasaran yang lebih tepat, baik untuk produk maupun jasa.

 

EDM.110.03 Manajemen Operasi

Mata-kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan kompetensi cara mengelola proses operasi di dalam suatu organisasi. Aspek yang dibahas meliputi aspek input, proses, dan output. Aspek output meliputi perancangan produkdan penetapan standar kualitas produk. Aspek proses meliputi penjadwalan produksi, pengelolaan persediaan, pengelolaan kualitas dan produktivitas. Aspek input meliputi perencanaan proses, tata letak, kapasitas, lokasi, dan pemeliharaan fasilitas. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi untuk menghasilkan produk secara efektif dan efisien.

 

 

EDM.111.03 Manajemen Perkantoran

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan teori dan keterampilan Praktik kepada mahasiswa agar mampu menerapkan prinsip–prinsip dan fungsi manajemen dalam pengelolaan suatu perkantoran. Untuk itu konsep teori tentang kantor, manajemen perkantoran atau manajemen administrasi, manajer/supervisor kantor, struktur organisasi peranan kantor, SIM perkantoran, penulisan prosedur, catatan kantor beserta bentuk- bentuknya, penanganan surat masuk dan surat keluar, manajemen pengarsipan, perencanaan dan pengendalian formulir kantor, mendesain dan mengisi dokumen bisnis yang berhubungan dengan tahapan–tahapan yang terjadi dalam transaksi bisnis, penanganan petty cash, penyederhanaan kerja, perencanaan dan pengaturan tata ruang kantor maupun lingkungan kantor, penanganan perjalanan dinas,  serta penanganan tamu, pengelolaan rapat kantor, perlu dipelajari oleh mahasiswa dan disajikan secara aplikatif.

 

EDM.201.03 Manajemen Sumber Daya Manusia

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa bagaimana mengelola sumber daya manusia dalam organisasi. Untuk itu perlu dipahami konsep dasar gambaran umum urutan lima bidang fungsional Manajemen Sumber Daya Manusia yang saling mempengaruhi, bagaimana peran departemen SDM, analisis pekerjaan sebagai dasar dari aktivitas Manajemen Sumber Daya Manusia beserta informasi deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan yang dihasilkan, perencanaan SDM, perekrutan, kaitan perekrutan dengan spesifikasi pekerjaan dan hal lainnya. Kemudian mahasiswa melanjutkan materi seleksi, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja sebagai bagian dari manajemen kinerja, kompensasi yang diberikan terhadap pegawai. Juga dibahas mengenai pentingnya keselamatan, kesehatan, dan keselamatan kerja pegawa, serta pengenalan dasar terhadap hubungan industrial.

 

EDM.202.01 Praktikum Manajemen Sumber Daya Manusia

Mahasiswa mengetahui lebih dalam lagi tentang bagaimana Praktik–Praktik kerja dari Manajemen Sumber Daya Manusia yang terjadi di perusahaan untuk menambah keterampilan praktis dan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan prinsip–prinsip dan fungsi manajemen dalam mengelola SDM. Mahasiswa menindaklanjuti materi di kelas teori mengenai bisnis UKM dengan berlatih membuat dan mempersiapkan rekrutmen dan seleksi, membuat standar kinerja pekerjaan dan format penilaian kinerja, serta bagaimana mempersiapkan pelatihan. Selain itu mahasiswa berlatih materi kompensasi seperti menghitung bonus dan uang lembur bagi karyawan perusahaan. Mahasiswa juga diperkenalkan hal-hal yang terkait keperluan umum di bagian sumber daya manusia.

 

EDM.203.02 Praktikum Sistem Informasi Manajemen

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari Praktikum Aplikasi Komputer. Melalui mata kuliah ini mahasiswa dibekali pengetahuan tentang Ms. Access, mengelola dan memelihara database suatu perusahaan, serta menyusun berbagai laporan. Diharapkan mahasiswa dapat mengelola dan menyusun laporan untuk empat database utama di dalam perusahaan, yakni : Marketing, Manufacturing, Financial dan Human Resource.

 

EDM.204.03 Kewirausahaan Kreatif

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar mengenai pembelajaran tentang kreatifitas dan inovasi menggunakan metode eksperimental dan discovery learning. Para peserta akan belajar memecahkan persoalan dan berbagai kasus untuk melatih dan mengembangkan kemampuan kreatifitas dan inovasinya. Di akhir mata kuliah, peserta akan diuji kemampuan menuangkan ide-ide kreatifnya dalam bentuk visualisasi dan presentasi melalui kompetisi di kelas.

 

EDM.205.03 Manajemen Keuangan Perusahaan

Dengan mempelajari Manajemen Keuangan Perusahaan, mahasiswa diharapkan dapat memahami tujuan pengelolaan keuangan, mengenal beberapa jenis dan manfaat Laporan Keuangan, bisa menyusun Laporan Arus Kas, Proforma Neraca  dan Proforma Rugi Laba. Dengan pemahaman tentang manajemen hutang-piutang dan persediaan, mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan membuat rencana keuangan tentang modal kerja, dan pembiayaan jangka pendek.

 

EDM.206.03 Manajemen Pemasaran II

Mata kuliah ini akan menyempurnakan pemahaman tentang konsep dasar  Manajemen Pemasaran yang telah ditempuh mahasiswa melalui mata kuliah Manajemen Pemasaran 1. Setelah menempuh mata kuliah Manajemen Pemasaran 2 ini mahasiswa akan lebih memahami beragam penerapan konsep dasar manajemen pemasaran, di antaranya tentang marketing research, pengembangan produk baru, product life cycle, branding, retailing, green marketing, dan social marketing, serta mampu melakukan pengumpulan data dan informasi pendukung untuk menyusun strategi pemasaran

 

 

EDM.207.02 Praktikum Manajemen Perkantoran

Mata kuliah praktikum ini mengasah keterampilan teknis di bidang Manajemen Perkantoran, melatih komunikasi dan koordinasi dan kerjasama kelompok. Mahasiswa mengetahui lebih dalam lagi tentang bagaimana Praktik–Praktik kerja dari manajemen perkantoran dengan cara mempraktikkan aktivitas perkantoran sehingga diharapkan menambah keterampilan praktis dan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan prinsip – prinsip dan fungsi manajemen perkantoran. Materinya meliputi pembenahan prosedur, membuat surat masuk dan surat keluar, menangani pencatatan surat, memPraktikkan pengarsipan dengan menggunakan ordner, mendesain pengarsipan dengan menggunakan hanging map serta mendesain lay out lemari arsip, merancang formulir dan laporan, mendesain dan mengisi formulir- formulir yang terjadi dalam transaksi bisnis, mempraktikkan penanganan petty cash, membenahi dan membuat penyederhanaan kerja, menginventarisir mutu/kualitas kerja kantor melalui sebuah formulir, mendesain lay out kantor, membuat laporan perjalanan dinas dan expense account sheet, mempraktikkan bagaimana cara menerima tamu yang baik. Kemudian membenahi dan mendesain Sistem Informasi Manajemen (SIM) kantor dan masing-masing mempresentasikannya.

 

EDM.208.03 Manajemen Keuangan Personal

Manajemen Keuangan Personal merupakan mata kuliah yang dapat ditempuh sesudah atau bersamaan dengan Manajemen Keuangan Perusahaan. Pada mata kuliah ini, mahasiswa dapat menerapkan pengetahuannya tentang beberapa laporan keuangan dasar seperti Laporan Arus Kas dan Laporan Neraca, untuk diterapkan dalam perencanaan keuangan personal. Melalui penyusunan tujuan dan rencana karir (goal setting and career planning), mahasiswa diharapkan  dapat mengelola keuangannya sendiri dengan lebih baik. Mata kuliah ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja, mahasiswa akan mempelajari nilai waktu dari uang (time value of money)  dan menerapkan rumus-rumus dasar perhitungan secara tunai atau mencicil di masa sekarang dan masa yang akan datang, untuk pengelolaan keuangan personal yang lebih baik: merencanakan karir, pernikahan, dan aset yang ingin dimilikinya kelak.

 

EDM.209.03 Dasar-dasar Perpajakan

Mata kuliah ini menjelaskan berbagai pajak yang berlaku di Indonesia, baik Pajak Negara, Pajak Propinsi, maupun Pajak Kabupaten/Kota. Sehingga mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini dapat memahami tentang hak, kewajiban, dan sangsi perpajakan yang berlaku, serta dapat menerapkannya untuk kepentingan pribadi atau perusahaan dimana yang bersangkutan bertugas.

EDM.210.01 Praktikum Perpajakan

Mata kuliah ini melatih mahasiswa agar dapat menghitung, memotong, memungut, dan menyetor serta melaporkan berbagai kewajiban perpajakan yang menjadi kewajibannya atau kewajiban perusahaan dimana yang bersangkutan bertugas.

 

EDM.211.03 Aspek Hukum dalam Bisnis

Mata kuliah ini membahas mengenai dimensi hukum yang bersifat dasar dan umum dalam kegiatan bisnis.  Objek  kajian pada mata kuliah ini adalah:  fungsi hukum dalam kegiatan bisnis, konsep-konsep dasar hukum perikatan, aspek hukum dari pembukuan, bentuk-bentuk  perusahaan dan pertanggungjawaban hukum pemilik perusahaan, sifat hukum ketenaga kerjaan, perjanjian kerja, serikat pekerja, penyelesaian perselisihan kerja, Jamsostek dan cara penyelesaian sengketa dalam bisnis. Kompetensi mahasiswa setelah lulus mata kuliah ini adalah  pemahaman dasar dan menyeluruh mengenai dimensi hukum dalam kegiatan bisnis khususnya dalam kajian fungsi hukum dalam kegiatan bisnis, konsep-konsep dasar hukum perikatan, aspek hukum dari pembukuan, bentuk-bentuk  perusahaan dan pertanggungjawaban hukum pemilik perusahaan, sifat hukum ketenaga kerjaan, perjanjian kerja, serikat pekerja, penyelesaian perselisihan kerja, Jamsostek dan cara penyelesaian sengketa dalam bisnis

 

EDM.212.01 Praktikum Manajemen Keuangan

Praktikum Manajemen Keuangan merupakan mata kuliah aplikasi yang harus diambil seteah mahasiswa menempuh Manajemen Keuangan Perusahaan. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempraktikkan pengetahuan dan kemampuannya di bidang pencatatan dan perhitungan sumber dan penggunaan dana, penyusunan laporan arus kas, menghitung hutang-piutang dan persediaan, serta analisa terhadap laporan keuangan.

 

EDM.213.03 Perilaku Konsumen

Tujuan pemberian mata kuliah ini agar mahasiswa memahami bahwa dengan mengetahui perilaku konsumen di dalam membuat keputusan pembelian dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian tersebut, maka pemasar dapat mengetahui cara yang tepat dalam menyesuaikan aktifitas pemasaran tersebut dengan perilaku konsumen yang menjadi target pasarnya; sehingga tujuan manajemen pemasaran berupa kepuasan konsumen dapat dicapai.

EDM.214.02 Praktikum Manajemen Pemasaran

Mata kuliah ini menekankan pada aspek praktik dalam melakukan pengumpulan dan pengolahan data yang akan dapat dimanfaatkan oleh sistem informasi pemasaran sebagai salah satu aspek penting dalam menetapkan kebijakan dan atau keputusan pemasaran. Melalui  mata kuliah ini mahasiswa berlatih melakukan pengumpulan data yang dibutuhkan untuk mendukung sistem informasi pemasaran melalui Focus Group Discussion dan menggunakan kuesioner. Selain itu, mahasiswa dilatih melakukan entry data dan cleaning data serta mengolah data secara deskriptif menggunakan program SPSS. Di samping itu, mahasiswa juga diberi kesempatan menyusun hasilnya dalam bentuk laporan tertulis dan berlatih mempresentasikannya menggunakan slide powerpoint secara informatif.

 

EDM.215.03 Inisiasi Bisnis

Inisiasi Bisnis  merupakan mata kuliah yang mengajarkan dasar-dasar pengembangan ide bisnis yang selanjutnya akan mahasiswa jabarkan ke dalam penulisan proposal bisnis. Setiap proposal yang dikerjakan oleh siswa akan dikompetisikan di akhir perkuliahan untuk memberikan antusias pembelajaran secara praktik bisnis. Metode yang digunakan akan banyak menyentuh ilmu-ilmu praktis yang dikombinasikan dengan konsep bisnis secara literatur.

 

EDM.301.02 Persiapan Tugas Akhir – Laporan Praktik Kerja

Mata kuliah ini membahas mengenai cara penyusunan usulan penelitian, teknik pengumpulan data, teknik pengolahan data, analisis data sederhana, sistematika penulisan laporan, tata bahasa yang digunakan dalam penulisan laporan, teknik penulisan laporan.

 

EDM.302.02 Persiapan Tugas Akhir – Proposal Bisnis

Mata kuliah ini dikhususkan bagi mahasiswa yang memilih proposal bisnis sebagai tugas akhir studinya. Tujuan mata kuliah ini adalah menyiapkan mahasiswa agar mampu menyusun proposal bisnis yang mudah dipahami dan meyakinkan investor. Topik-topik pembelajaran meliputi: sistematika, format penulisan, dan teknik presentasi proposal bisnis yang lebih dalam dan analitis. Di akhir perkuliahan peserta diharapkan sudah menyusun bab 1 laporan tugas akhirnya.

 

EDM.303.03 Perbankan

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan perbankan secara konseptual dengan dasar teori yang jelas disertai aplikasinya. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa dibekali pengetahuan dasar mengenai operasional bisnis perbankan, baik pada bank umum maupun bank syariah, aktivitas bisnis bank, produk-produk perbankan, lembaga yang terkait dengan usaha perbankan, serta membahas beberapa regulasi yang wajib diterapkan dalam bisnis perbankan.

EDM.304.03 Kemampuan Menjual

Mata kuliah ini menekankan pada pemahaman proses menjual yang harus diketahui dan dikuasai oleh seorang tenaga penjual. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa memahami proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan penjualan dan menguasai teknik pengelolaan tenaga penjual, mulai dari penghitungan potensi pasar, target penjualan hingga rekrutmen dan evaluasi tenaga penjual serta program penjualan dan display produk.

 

EDM.305.01 Praktikum Kemampuan Menjual

Mata kuliah ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk terlibat secara langsung dalam praktik menyiapkan dan melaksanakan kegiatan penjualan suatu produk yang ditugaskan. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa akan lebih mampu bekerja dalam kelompok (3-5 orang), terampil  menyusun sales plan dan sales script, menguasai cara pengelolaan dan penilaian terhadap proses penjualan suatu produk tertentu serta mampu mempresentasikan laporan penjualannya

 

EDM.306.03 Komunikasi Pemasaran

Mahasiswa memahami kebutuhan dan keinginan konsumen yang diwujudkan dalam bentuk pemasaran produk dengan melakukan praktik perencanaan  penyediaan barang, penjualan produk, evaluasi penjualan dan laporan pemasaran.

 

EDM.307.01 Praktikum Komunikasi Pemasaran

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa agar mengerti marketing communication dan mengetahui bagaimana proses pengerjaan salah satu bentuk dari marketing communication.

 

EDM.308.03 Investasi dan Pendanaan

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang alternatif pembiayaan (pendanaan) ketika mereka menjadi wirausaha kelak. Beberapa cara dan metode perhitungan seperti IRR (Internal Rate of Return), Payback Period, Net Present Value, serta Indeks Profitabilitas akan dipelajari; selain perhitungan pengembalian dan resiko menggunakan modal sendiri atau mencari pinjaman. Mata kuliah ini juga akan melatih keterampilan mahasiswa menghitung dan mempersiapkan pemodalan usaha mereka sendiri dengan baik. Kegiatan praktik setelah UTS adalah menyusun alternatif investasi dan pendanaan bagi usaha yang mereka pilih.

 

 

EDM.309.03 Manajemen Ritel

Manajemen Ritel merupakan suatu mata kuliah yang memberikan wawasan dan keahlian mengelola usaha eceran. Mahasiswa akan diberikan teori dan pengalaman Praktik tentang pengelolaan usaha eceran dan juga pengetahuan mengenai tugas dan tanggung jawab seorang supervisor di usaha eceran.

 

EDM.310.03 Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba mempelajari suatu model bisnis yang sudah tersistem, mudah, dan unggul sehingga cocok untuk para entrepreneur pemula.  Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa mampu menganalisa tren waralaba masa kini, aspek-aspek hukum waralaba, cara memilih waralaba yang benar, hingga mengembangkan ide bisnis agar dapat diwaralabakan. Metode pembelajaran menggunakan metode observasi, yakni pengamatan langsung untuk mendapatkan fakta yang berbentuk data obyektif yang kemudian dianalisa dan dievaluasi .

 

EDM.311.03 Pemasaran Jasa

Mata kuliah ini memberikan basic knowledge tentang aktivitas pemasaran jasa dan konsep-konsep dalam pemasaran jasa yang dapat digunakan oleh para pemasar (pemilik dan manajer perusahaan) untuk memahami karakteristik jasa, merancang dan mengevaluasi strategi pemasaran jasa.

 

EDM.312.03 Manajemen Kualitas

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami metode dan teknik – teknik melakukan perencanaan, pengendalian, dan pengembangan kualitas, baik untuk produk maupun proses, baik pada perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa.

 

EDM.313.03 Manajemen Keuangan Mikro

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang ‘banking with the poor (non-bankable people)’. Peserta Manajemen Keuangan Mikro akan melihat pembiayaan atau keuangan dari sudut pandang yang lain, bukan hanya dari perbankan sebagai institusi saja, tetapi juga dari kacamata pelanggan (customer, enterprise) pada skala yang paling kecil, yang membuat mereka tidak bisa mengakses dunia perbankan. Mikro kredit dimaksudkan produk tabungan dan pinjaman pada jumlah yang paling kecil –day to day services. Prinsip-prinsip manajemen keuangan yang sama juga diterapkan di keuangan mikro, hanya saja cara memantau dan mengevaluasi pinjaman (treatment-nya) yang berbeda

 

 

EDM.314.03 Pemasaran Digital

Mata kuliah ini memberikan basic knowledge tentang aktivitas pemasaran digital dan konsep-konsep dalam pemasaran digital yang dapat digunakan oleh para pemasar (pemilik dan manajer perusahaan) untuk memahami karakteristik pemasaran digital, merancang dan mengevaluasi strategi pemasaran digital.

 

EDM.315.03 Perilaku Keorganisasian

Mata-kuliah ini bertujuan untuk memahami perilaku manusia di dalam organisasi baik perilaku individu, maupun perilaku kelompok . Pada mata-kuliah akan dibahas berbagai teori perilaku, dan juga aplikasi dari teori-teori tersebut di dalam praktik organisasi. Setelah mengikuti mata-kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengelola perilaku anggota organisasi secara tepat, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dengan efisien, namun juga dapat memuaskan seluruh anggota organisasi.

 

EDM.316.06 Tugas Akhir – Laporan Praktik Kerja

Mata kuliah ini merupakan akhir dari proses pendidikan Diploma III Jurusan Manajemen, dan penyelenggaraannya melalui suatu kegiatan praktik kerja pada suatu kantor/perusahaan/instansi/lembaga untuk menerapkan pengetahuan yang diperolehnya. Dalam pelaksanaannya mahasiswa akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing dan dipantau oleh Pembimbing yang  ditunjuk pada kantor/perusahaan tempat kerja praktik. Evaluasi atas kegiatan praktik kerja tersebut mahasiswa membuat laporan tertulis dalam format yang telah ditentukan.